-->

Iklan Header

Belajar Arduino Uno LED Basic

Assalamualaikum Reader...

Melanjutkan tutorial tentang Solusi Arduino Uno Board yang tidak terdeteksi di Windows 7 sebagai langkah awal dalam mendalami Arduino ini saya mencoba mempraktekkan sendiri dari referensi contoh-contoh yang sudah ada di internet. 

Untuk basic project yang pertama ini saya mencoba bermain-main dengan LED (Light Emiting Diode). Sebenarnya di aplikasi Arduino Software (IDE) sudah terinstall contoh-contoh script (maaf kurang paham namanya) yang sudah ter-include yang bisa kita coba,
File example yang saya coba praktekkan kali ini adalah Blink. Project ini cocok untuk para pemula seperti saya. Contoh programnya sangat simple yaitu bagaiman lampu LED itu nge-blink. Kebutuhan alat dan bahannya adalah :

  1. Arduino Uno
  2. LED ( 1 buah )

  3. Resistor 220 Ohm ( 1 buah )


  4. Kabel jumper ( 2 buah )
  5. Breadboard

Langkah yang pertama adalah Susunlah semua bahan seperti pada gambar rangkaian.


Kaki LED positif (anode) dihubungkan dengan salah satu kaki resistor, dan ujung kaki resistor yang lainnya dihubungkan dengan pin 13 Digital (D13) di Arduino. Sedangkan kaki LED negatif (katode) dihubungkan dengan pin GND (Ground) yang ada di Arduino.

Awalnya saya bingung menentukan kaki-kaki positif/negatif dari LED. Memang secara fisik kaki LED ada 2, panjang dan pendek. Setelah saya browsing ketemulah yang mana kaki positif dan negatif. Untuk kaki positif (anode) ditandai dengan kaki yang panjang, sedangkan kaki negatif (katode) ditandai dengan kaki yang pendek.

Untuk menghubungkan komponen dari breadboard ke arduino kita gunakan kabel jumper.





Setelah semua komponen terhubung dengan benar, tancapkan Arduino board dengan PC/Laptop, Buka aplikasi Arduino Software (IDE). Lanjutkan dengan membuka file/program contoh "Blink".

Tancapkan Arduino ke PC/Laptop. Ketika pertama ditancapkan kondisi lampu LED belum nyala. 

Upload program Blink dengan cara berikut 

Tampilan ketika program berhasil di-upload di Arduino  Board dan pastikan tidak ada pesan error.

Ketika program berhasil di-upload maka lampu LED akan berkedip/blinking seperti pada gambar berikut.

Berikut tampilan videonya, maaf gambarnya kurang jelas coz record-nya masih menggunakan hp jadul (blackberry) ☺. 



Demikian tutorial yang bisa saya share, jangan lupa biasakan share-it. Mohon maaf kalo lum bisa bikin video tutorial dari awal sampai akhir, may be next time. Semoga bermanfaat.

Wassalam n keep blogging..







Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Belajar Arduino Uno LED Basic "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel