-->

Iklan Header

Arduino Multiple Led Blinking

Assalamualaikum reader..

Dalam tutorial kali ini saya akan bereksperimen dengan arduino lagi dan melanjutkan tutorial sebelumnya yaitu Belajar Arduino Uno LED basic
Eksperimen kali ini saya dapatkan dari tutorial yang ada di internet dan saya tertarik untuk mencoba made it by myself. Yup.. masih tetep obyek eksperimennya berupa LED tapi kali ini jumlah LED nya adalah 3 buah. Hasil akhir dari eksperimen ini adalah membuat 3 buah LED tersebut blinking.
Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah :
1. Arduino Uno board

2. LED (3 buah)

3. Kabel jumper

4. Breadboard

Pertama rangkailah bahan-bahan tadi seperti pada gambar berikut. 

Gambar rangkaian ini sebenarnya mau saya gambar menggunakan aplikasi namanya Fritzing, bisa anda download di internet. Cuman ketika saya coba install di laptop terdapat permasalahan (ada file system yang missing). Akhrnya saya terpaksa menggambar rangkaian ini menggunakan aplikasi yang online. Anda bisa mencobanya sendiri, salah satu websitenya adalah circuits.io
Semua kaki negatif LED (kaki yang pendek) terhubung ke pin GND yang ada di Arduino. Sedangkan untuk kaki positif (kaki yang panjang) masing-masing LED terhubung ke pin 13 (D13), pin 12 (D12), pin 11 (D11). 







Kabel jumper warna hijau (lihat gambar skema) adalah kabel negatif yang terhubung ke pin GND, sedangkan kabel warna biru, orange dan kuning adalah kabel positif yang terhubung ke pin 13, pin 12 dan pin 11.









Jika semua sudah terangkai dengan benar, silahkan tancapkan Arduino Board ke laptop. 

Buka aplikasi Arduino Software (IDE) kemudian paste-kan sketch/programnya. Setelah itu upload sketch programnya dengan cara berikut :

Contoh sketch programnya bisa anda klik di link ini

Ketika program (sketch) berhasil di-upload seketika itu lampu LED akan berkedip (blink) secara berurutan. 

Demikian tutorial yang bisa saya share, mudah-mudahan bermanfaat.

Wassalam n keep blogging..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Arduino Multiple Led Blinking"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel