-->

Iklan Header

Cara Install Wine 1.8 di Ubuntu 16.10

Assalamualaikum…reader 

Rutinitas ini benar-benar membuat saya ga ada kesempatan untuk kembali ber-blogging ria. So, dimana ada secuil waktu yang senggang, saya coba untuk kembali ber-blogging lagi, seperti saat ini. Kali ini saya mencoba berbagi tutorial tentang bagaimana menginstall aplikasi Wine di Sistem Operasi Ubuntu 16.10. Sengaja saya coba install aplikasi wine karena kadang saya ingin memantau hotspot tempat kerja via Winbox. Sedangkan Winbox sendiri merupakan aplikasi yang dijalankan di Windows. Sebenarnya aplikasi yang sejenis dengan wine juga ada, cuman saya pengen yang GPL aj ☺
Mengintip di halaman wiki , Wine merupakan sebuah proyek yang bertujuan untuk membuat agar sistem operasi bertipe Unix (Unix-like) dan sistem X-Windows yang berjalan pada suatu komputer pribadi dapat menjalankan program yang khusus dibuat untukMicrosoft Windows
Nama "Wine" merupakan akronim dari Wine Is Not An Emulator (Wine bukanlah emulator) dan kadang disebut juga sebagai Windows Emulator. Walaupun nama ini juga muncul dalam bentuk "WINE" dan "wine", pengembang proyek ini telah menyepakati untuk melakukan standardisasi nama dan menyebutnya sebagai "Wine".
OK, untuk instalasinya saya menggunakan PPA dari Rico Tzschichholz sedangkan wine versi 1.8 . Berikut langkah-langkahnya :

Buka terminal dan ketikkan perintah : sudo add-apt-repository ppa:ricotz/unstable

jangan lupa masukkan password rootnya
Jika berhasil akan tampak seperti tampilan berikut

kemudian lakukan update dengan cara berikut : sudo apt update

Jalankan perintah instalasi wine-nya dengan perintah : sudo apt install wine1.8



Jika proses instalasi berhasil dan silahkan buka aplikasi wine dengan cara mengetikkan di tombol Dash 


Silahkan lakukan pengaturan sesuai dengan kebutuhan anda

Disini saya akan mencoba menjalankan aplikasi Winbox via Wine yang sudah terinstall. Pertama kali menjalankan aplikasi winbox yaitu dengan cara berikut







Untuk menjalankan aplikasi winbox seterusnya tinggal double klik aj tanpa pengaturan seperti diatas lagi, maka aplikasi akan berjalan layaknya di Windows.

Keep blogging ☺



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Install Wine 1.8 di Ubuntu 16.10"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel